Contoh Lampiran KKN Tematik

Memahami Apa Itu KKN

Terdapat yang belum ketahui apa itu KKN? Kuliah Kerja Nyata ataupun KKN merupakan wujud aktivitas dedikasi kepada warga oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan serta sektoral pada waktu serta wilayah tertentu. Penerapan aktivitas KKN umumnya berlangsung antara satu hingga 2 bulan serta bertempat di wilayah setingkat desa. Pasti teman-teman disini sangat membutuhkan contoh dari lampiran KKN Tematik yang sudah jadi bukan?

Direktorat Jenderal Pembelajaran Besar di Indonesia sudah mengharuskan tiap akademi besar buat melakukan KKN selaku aktivitas intrakurikuler yang memadukan tri dharma akademi besar ialah: pembelajaran, riset, serta dedikasi kepada warga.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8739910266547108"       crossorigin="anonymous"></script>  <ins class="adsbygoogle"       style="display:block; text-align:center;"       data-ad-layout="in-article"       data-ad-format="fluid"       data-ad-client="ca-pub-8739910266547108"       data-ad-slot="6248451917"></ins>  <script>       (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});  </script>

Lampiran laporan KKN

Di dunia yang penuh tantangan dalam dan global, pemerintah kabupaten Indramayu menginstruksikan agar masyarakat Indramayu dapat mandiri dan tidak bergantung dalam suatu hal apapun dan mampu membangun potensi yang dimilikinya sendiri. Oleh karena itu warga sekitar harus mampu mewujudkan serta mampu bersaing dengan warga lain terutama dalam bidang pendidikan.

Banyak warga Indramayu yang belum mengeyam pendidikan, walaupun mereka tidak pernah duduk dibangku sekolah namun mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka Pemerintah melalui masing-masing jajaranya memberikan instruksi kepada masyarakat untuk meningkatkan IPM agar tidak dikatakan lagi sebagai warga masyarakat yang tertinggal. 

Karena keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Amin Indramayu dari tahun ke tahun meningkat dan mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat, maka dari itu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Amin Indramayu dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat yang di tuangkan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN), dimana dalam program tersebut peserta KKN menerapkan ilmu yang didapat serta dalam rangka belajar bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat.

Unsur – unsur yang terkait dalam pelaksanaan KKN :

  1. Mahasiswa/mahasiswi peserta KKN
  2. Masyarakat
  3. Perguruan tinggi
  4. Lembaga lembaga masyarakat

Unsur unsur tersebut saling berhubungan karena KKN di laksanakan oleh empat unsur tersebut dan manfaatnya di rasakan oleh mahasiswa, perguruan tinggi dan masyarakat.

Manfaat yang di rasakan oleh masyarakat adalah terciptanya masyarakat yang madani dengan terlaksananya program program KKN yang di usung oleh mahasiswa. Manfaat yang di rasakan mahasiswa adalah bisa mengenal lebih dekat atau bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berfikir lebih bijak dalam menghadapi masalah masalah yang di hadapi di masyarakat pada umumnya.

Di harapkan setelah mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi ia dapat mengabdi dan siap terjun ke masyarakat di sekitarnya untuk mengamalkan ilmu yang ia dapat dari studinya tersebut.

Disamping itu kerja sama antara perguruan tinggi dengan instansi baik pemerintah maupun swasta dapat mengalami peningkatan. Sehubungan dengan hal tersebut maka KKN merupakan program akademik intrakurikulum,sehingga wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa STIT dan STKIP Al-Amin Indramayu yang akan menyelesaikan studinya.

Berikut contoh pada lampiran KKN Tematik, teman-teman bisa mengunduhnya langsung File KKN Desa Rancamulya “KLIK DISINI DOWNLOADNYA

KKN Tematik