Manfaat Gadget Bagi Para Guru

Membawa Gadget ke Sekolah

Cobalah berpikir positif dengan apa saja yang sedang berkembang belakangan ini, termasuk juga gadget. Jika kita terus beranggapan buruk terhadap teknologi yang satu ini, maka gadget ini akan benar-benar berdampak buruk. Tapi jika kita berpikir sebaliknya, mudah-mudahan gadget bisa bermanfaat.

Sebagai contoh coba kita ulas manfaat apa yang didapat oleh seorang guru atau pengajar terhadap gadget. Kerja seorang guru yang paling sederhana, namun sulit dilakukan adalah mengajarkan muridnya untuk bisa produktif, dalam hal berbicara dan menulis. Dengan gadget, jadikan hal itu lebih mudah. Caranya tentu dengan bimbingan dari guru yang bersangkutan.

Gadget yang dimaksud di sini adalah handphone. Coba ajarkan murid-murid di sekolah untuk saling berkomunikasi dengan teman melalui gadget ini. Perhatikan bagaimana mereka saling berkomunikasi. Mulai dari cara bicara dan pemilihan kata-katanya. Dengan begitu guru bisa menilai cara bicara muridnya tersebut, ini bisa menjadi penilaian untuk perlajaran Bahasa Indonesia. Jika perlu, ajarkan juga murid untuk mengirimkan pesan singkat melalui gadget dengan bahasa yang benar dan jelas.

Menambah Wawasan dan Pengawasan

Gadget yang sudah semakin canggih, memungkinkan apa saja dilakukan dengan alat tersebut. Para guru bisa membimbing muridnya untuk mengerti beragam fungsi yang ada dalam gadget tersebut dan menjelaskan apa kegunaannya. Ambil contoh sebuah kamera, guru bisa memberikan cara menggunakan kamera dengan benar, serta memberikan pengawasan terhadap apa saja yang murid simpan dalam kameranya.

Semua hal selalu ada dampak positifnya, begitu juga dengan gadget. Gadget merupakan alat yang multiguna, jadi tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan alat tersebut untuk suatu hal yang baik.