Penelitian Buktikan Olahraga Tingkatkan Prestasi Akademik

Studi Terbaru Terhadap Olahraga

Studi terbaru menemukan bahwa olahraga secara teratur dapat membantu mendorong kenaikan prestasi akademik remaja di sekolah.

Hasil studi yang dipublikasikan pda British Journal of Sports Medicine ini menyimpulkan bahwa semakin aktif remaja dalam kegiatan fisik, maka berpengaruh dalam peningkatan performa mereka di sekolah.

“Secara mengejutkan, manfaat ini sangat terlihat sekali buktinya pada remaja putri,” tulis studi tersebut dalam siaran persnya.

Studi ini dilakukan oleh sekelompok peneliti gabungan dari Inggris, Skotlandia, dan Amerika Serikat (AS) yang mengukur kadar keaktifan fisik pada sekitar hampir lima ribu responden berusia 11 tahun. Selama seminggu penuh, seluruh responden dinilai dengan menggunakan metode penilaian gerakan membaca.

Umumnya dalam jenjang usia 11, 13, dan 16 tahun, para remaja mengalami kesulitan mengingat kembali beragam materi bahasa, matematika, dan sains yang telah dipelajari sebelumnya.

Inilah yang menjadi dasar penelitian tersebut, yaitu berusaha meningkatkan kemampuan remaja dalam mengingat serta mempraktikkan materi-materi yang telah dipelajarinya dalam tahapan usia yang dapat disebut ‘rapuh’ tersebut.

Setelah diteliti, para responden yang sudah terbiasa aktif dalam kegiatan fisik sejak usia 11 tahun, terbukti menunjukkan performa yang baik untuk ketiga materi pelajaran yang disebutkan tersebut.

Setiap minimal 17 menit kegiatan fisik di usia 11 tahun tiap harinya dapat meningkatkan kemampuan fokus belajar pada remaja putra. Sedangkan pada remaja putri, cukup dengan melakukan kegiatan fisik selama minimal 12 menit, maka kemampuan fokus belajar mereka cepat terbangun.

Temuan Yang Sangat Mengejutkan Bagi Dunia Pendidikan

“Temuan ini cukup menjelaskan mengenai kecenderungan saat ini, di mana wanita banyak menguasai lahan profesi ilmuwan,” ujar laporan tertulis para peneliti tersebut.

Temuan studi ini mendapat banyak dukungan dari beragam kalangan, terutama dari mereka yang peduli dengan perkembangan pendidikan anak dan remaja.

Berbagai badan pendidikan di Inggris dan daratan Eropa sepakat untuk menyusun rekomendasi kepada otoritas pendidikan guna memasukkan kegiatan fisik sebagai salah satu moda pendukung fokus belajar siswa.

Bahkan, banyak kalangan juga berpendapat bahwa dengan peningkatan kegiatan fisik pada remaja akan berpengaruh pada kesehatan masyarakat yang lebih positif di masa depan.